Rasional
Konsentrasi Teknik Sepeda Motor merupakan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi dalam penguasaan keahlian Teknik Sepeda Motor. Teknologi Otomotif berkembang sama dengan teknologi lainnya seperti Teknologi Digital atau Teknologi Informasi dan Komunikasi. Teknik Sepeda Motor berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Pada perkembangannya Teknik Sepeda Motor menjadi semakin canggih dengan teknologi yang berkaitan dengan Otomotif.
Mata pelajaran Teknik Sepeda Motor dalam Kurikulum Merdeka berada pada fase F untuk menumbuh kembangkan keprofesionalan, minat dan bakat peserta didik pada Program Keahlian Teknik Otomotif dalam penerapan perawatan dan perbaikan serta wirausaha di bidang sepeda motor. Memberikan ruang kreativitas bagi peserta didik yang memiliki hobi modifikasi sepeda motor dan hobi tersebut menjadi peluang
usaha bagi peserta didik.
Pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan, model, strategi, serta metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik konsentrasi yang dipelajari. Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain Problem Based Learning, Inquiry Based Learning, Discovery Based Learning, Teaching Factory, atau model pembelajaran lainnya yang relevan. Proses pembelajaran diharapkan dapat dilaksanakan secara interaktif, aktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat, passion, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Mata pelajaran ini memiliki kontribusi dalam membentuk kompetensi hard skills, soft skills dan karakter. Peserta didik dididik dan dilatih agar mampu menerapkan cara-cara perawatan, perbaikan dan wirausaha di bidang Sepeda Motor. Kemampuan yang sudah dimiliki peserta didik dapat dijadikan bekal untuk bekerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya dan/atau bekal berwirausaha, sehingga menjadi warga negara yang memiliki kualitas pribadi handal dengan dasar menjunjung tinggi kejujuran, bergotong royong dan mampu bekerja sama, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
Tujuan Pembelajaran
Mata pelajaran Teknik Sepeda Motor bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) meliputi:
1. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan engine sepeda motor;
2. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan sasis sepeda motor;
3. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan pemindah tenaga sepeda motor;
4. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan kelistrikan sepeda motor;
5. memahami teknik perawatan dan perbaikan sepeda motor listrik dan hybrid;
6. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan engine management system sepeda motor; dan
7. menerapkan teknik pengelolaan bengkel dan berwirausaha di bidang sepeda motor.
Karakteristik
Pada dasarnya mata pelajaran Teknik Sepeda Motor berfokus pada kompetensi tingkat menengah dan lanjutan yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi sepeda motor sesuai dengan perkembangan teknologi dan dunia kerja. Konsentrasi Teknik Sepeda Motor adalah segala hal yang terkait dengan proses penggunaan, perawatan dan perbaikan alat transportasi kendaraan roda dua sesuai dengan teknologi yang berkembang. Mata pelajaran ini membekali peserta didik untuk bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan studi tentang Teknik Sepeda Motor.